Pesatnya Pengembangan Energi Terbarukan di Eropa

Pesatnya Pengembangan Energi Terbarukan di Eropa

May 28, 2019 0 By jonathan

Sumber energi terbarukan adalah kontributor utama transisi sektor energi Eropa. Pengembangan teknologi adalah kunci percepatan pangsa pasar di sektor ini. Hari ini, bagian untuk listrik tenaga surya fotovoltaik (PV), listrik biogas dan tenaga angin mendekati tingkat yang diantisipasi oleh negara-negara dalam rencana aksi energi terbarukan nasional mereka (NREAP), dirancang pada tahun 2010.

Menariknya pada tahun 2017, energi terbarukan menyumbang 85% kapasitas pembangkit listrik baru Uni Eropa yang mengesankan. Lebih penting lagi, UE terus menonaktifkan lebih banyak kapasitas dari sumber konvensional daripada menginstalnya.

Saham sumber energi terbarukan terus sangat bervariasi antara negara, Austria, Denmark, Finlandia, Latvia dan Swedia melebihi 30% dalam konsumsi energi final, sementara Belgia, Luksemburg, Malta dan Belanda masing-masing hanya 9%.

Averren Energy yang beroperasi di bawah China Longyuan Power Group Corp, menyediakan program pelatihan energi terbarukan yang dirancang di negara-negara yang tidak sepenuhnya memanfaatkan RES mereka. Anthony Reed (Kepala Keuangan) menjelaskan – ‘sementara pertumbuhan energi terbarukan di Eropa saat ini di depan angka yang diproyeksikan, masih ada banyak negara yang tidak memahami manfaat geografis dan fiskal yang tersedia. Setiap negara memiliki demografi geografis yang berbeda, sementara tenaga panas bumi mungkin menguntungkan beberapa daerah, tenaga angin atau tenaga surya akan paling cocok untuk negara lain. Tujuan kami adalah untuk mendidik badan-badan pemerintahan terkait untuk memahami sepenuhnya manfaat lingkungan global dan lokal yang dikombinasikan dengan manfaat fiskal, kami mencapainya dengan menyediakan rencana energi terbarukan 10 tahun, 15 tahun, dan 30 tahun.

Energi terbarukan menyumbang sekitar 70% dari penambahan bersih pada kapasitas daya global pada 2017. Investasi global dalam energi terbarukan telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil selama lebih dari satu dekade. Hal ini telah menyebabkan peningkatan lebih dari dua kali lipat kapasitas listrik global terbarukan antara 2005 dan 2017. Pada 2017, untuk tahun ketiga berturut-turut, lebih dari setengah kapasitas listrik yang baru dipasang di seluruh dunia berasal dari sumber yang terbarukan, karena RES menyumbang estimasi 70% dari penambahan kapasitas pembangkit listrik netto pada tahun itu (Frankfurt School-UNEP, 2018; IRENA, 2018b). Pada 2017, UE masih berada di peringkat kedua setelah China dalam hal kapasitas listrik domestik terbarukan yang terpasang dan terhubung dengan jaringan.

UE adalah pemimpin global dalam kapasitas listrik terbarukan per kapita, tetapi aktivitas cepat menjadi terlihat di luar UE. Dengan rata-rata kapasitas listrik yang dapat diperbarui sebesar 0,87 kW dipasang per orang pada tahun 2017, UE adalah pemimpin dunia yang jelas berdasarkan basis per kapita, di depan Amerika Serikat, Brasil, dan Cina. Secara absolut, pada 2017, Eropa masih memiliki kapasitas angin terbesar di dunia.

Namun, sejak 2017, Cina telah menggusur UE sebagai pemimpin pasar dalam kapasitas PV surya dan siap untuk menyalip UE, secara absolut, sebagai pemimpin dunia dalam total kapasitas energi angin terpasang.

Kami saat ini sedang mengerjakan beberapa proyek Eropa, yang terdiri dari kombinasi energi tenaga surya dan angin, memungkinkan Averren Energy untuk mewujudkan komitmen global kami terhadap strategi iklim dan energi.