Apakah Video Game Buruk Bagi Anda?

Apakah Video Game Buruk Bagi Anda?

July 8, 2019 0 By jonathan

Menurut penelitian, permainan video tidak berbahaya bagi Anda. Faktanya, mereka dapat membantu Anda menjalani hidup Anda dengan lebih baik. Jika Anda belum percaya, baca terus. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana bermain game di komputer atau ponsel Anda dapat membantu Anda.

1. ‘Mario’ Dapat Melatih Otak Anda

Jika Anda ingin melatih area tertentu di otak Anda, video game dapat banyak membantu. Para peneliti melakukan percobaan yang melibatkan banyak orang yang memainkan permainan “Mario” selama beberapa jam. Setelah gameplay, pemindaian MRI otak pemain dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan otak volumetrik. Kelompok lain yang tidak memainkan permainan apa pun tidak menunjukkan hasil seperti itu. Studi ini membuktikan bahwa wilayah spesifik otak Anda dapat dilatih jika Anda bermain video game.

Pasien dengan gangguan mental dapat menggunakan pendekatan ini sebagai terapi. Misalnya, pasien dengan Alzheimer, stres pasca-trauma dan skizofrenia dapat memperoleh manfaat dari jenis terapi ini.

2. ‘Starcraft’ Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anda

Menurut peneliti Inggris, beberapa judul, seperti yang masuk dalam kategori “Starcraft” dapat membuat Anda lebih pintar. Para peneliti memberikan pendapat ini setelah penelitian yang dilakukan di Queen Mary University of London. Tes psikologis ini dilakukan pada 70 relawan yang bermain “The Sims” selama 8 minggu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa para relawan mengalami peningkatan kognitif.

3. Memperlambat Proses Penuaan

Jika Anda menghabiskan hanya dua jam per minggu untuk memainkan permainan menggoda otak favorit Anda, Anda dapat memperlambat kerusakan mental yang disebabkan oleh proses penuaan alami. Ini dikatakan berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Iowa.

Entah itu permainan seperti World of Warcraf atau judul lain mana pun yang secara kognitif kompleks, otak Anda akan menjadi lebih kuat. Yang terjadi adalah ketika Anda memainkan game yang menggunakan energi mental Anda, otak Anda menjadi lebih kuat hanya otot-otot Anda yang menjadi lebih kuat ketika Anda berolahraga.

4. Peningkatan keterampilan membaca Anda

Sebuah penelitian dilakukan di Universitas Padua. Para peneliti menemukan bahwa bermain video game dapat membantu anak-anak dengan disleksia meningkatkan keterampilan membaca mereka. Eksperimen melibatkan dua kelompok anak-anak. Anak-anak yang memainkan permainan aksi menunjukkan kemampuan membaca yang cepat dan akurat. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa permainan ini dapat membantu meningkatkan rentang perhatian anak-anak Anda.

5. Bantuan dari Rasa Sakit

Video game yang menekankan realitas virtual dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan kecemasan, terutama rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit kronis atau prosedur medis. Pengurangan rasa sakit bisa mencapai 50%, yang cukup untuk mengatakan bahwa Anda harus membiarkan anak-anak Anda bermain video game favorit mereka.

Singkatnya, persepsi klasik bahwa video game buruk bagi Anda tidak valid. Faktanya, beberapa studi penelitian menyimpulkan bahwa bermain video game bermanfaat bagi Anda dan anak-anak Anda. Jadi, lebih baik bersenang-senang dengan anak-anak Anda di smartphone atau PC. Semoga artikel ini bermanfaat.